Senin, 03 Agustus 2015

Tagged Under:

POTENSI SUMBER DAYA ALAM

By: Desa Simorejo On: 22.58
  • Berita Desa


  • Faktor fisik yang diperlukan dalam merencanakan suatu kawasan adalah topografi, geologi, hidrografi, dan kendala-kendala fisik. Desa Simorejo terletak pada 25 DPL/DPS, dan suhu rata-rata per hari 35OC. Menurut topografi, desa dengan suhu seperti ini berada di dataran rendah. Meskipun demikian, kondisi lahan yang subur menjadikan daerah ini sebagai salah satu penghasil padi dan tembakau di Kabupaten Bojonegoro.

    1.    Karakteristik Penduduk
    a)    Pada tahun 2013 jumlah penduduk Desa Simorejo Kecamatan Kanor adalah 3.633 jiwa yang terbagi dalam 1.044 Kepala Keluarga (KK) dengan kepadatan 1.194 jiwa per km2.
    b)    Penduduk Desa Simorejo Kecamatan Kanor secara sosial ekonomi dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok bermata pencaharian pada sektor pertanian dan kelompok yang bermata pencaharian pada sektor pendidikan.
    c)    Sebagian besar penduduk Desa Simorejo bermata pencaharian sebagai petani dengan aktivitas utama bertanam padi. Dilihat dari segi agama, penduduk Desa Simorejo mayoritas beragama Islam. Jika dilihat dari tingkat pendidikan, penduduk Desa Simorejo dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Pertama, penduduk yang tidak tamat SD sebanyak  orang. Kedua, penduduk yang tamat SD sebanyak 1.415 orang. Ketiga, penduduk yang tamat SMP/sederajat sebanyak 667 orang. Keempat, penduduk yang tamat SMA/sederajat sebanyak 718 orang. Kelima, penduduk yang tamat diploma, baik diploma 1, 2, atau 3 sebanyak 24 orang. Keenam, penduduk yang tamat perguruan tinggi, S1 sebanyak 130 orang dan S2 sebanyak 5 orang.

    2.    Potensi Desa
    Potensi ekonomi unggulan Desa Simorejo meliputi:
    a.    Bidang pertanian
    Pertanian merupakan potensi ekonomi yang paling menonjol di Desa Simorejo. Berdasarkan data yang dimiliki pemerintah desa, luas wilayah pertanian yang ada di Desa Simorejo adalah sebagai berikut.
                                 1)    Padi luas 352 ha dengan hasil 6 ton/ha.
                                 2)    Tembakau 125 ha dengan hasil 4 ton/ha.
                                 3)    Jagung luas 55 ha dengan hasil 4  ton/ha.
                                 4)    Tanaman buah buahan luas 3 ha dengan hasil 0,25 ton/ha.
    b.    Bidang Peternakan
    Kegiatan peternakan yang ada di Desa Simorejo meliputi:
    1)    Ternak sapi
    2)    Ternak kambing
    3)    Ternak unggas (ayam, itik/bebek, burung, dll)
    4)    Ternak ikan
    c.    Bidang perdagangan/jasa
    1)    Warung dan Kios
    2)    Mlijo dan Perancangan
    3)    Jasa Konveksi
    4)    Jasa Perbengkelan
    5)    Jasa Rental (fotocopy, warnet, pengetikan, PS, dll)
    6)    Jasa Angkutan
    d.    Bidang industri
    Kegiatan industri yang ada di Desa Simorejo khususnya berupa industri rumah tangga meliputi:
    1)    Pengolahan hasil pertanian dan olahan makanan, seperti kerupuk, tempe, dan camilan.
    2)    Pembuatan alat rumah tangga, seperti dandang, panci, dan peralatan dapur lainnya.
    3)    Kerajinan tangan, seperti tenun, border dan sulam.

    3.    Infrastruktur Pendukung
    a.    Jaringan Jalan
    Sarana transportasi atau akses jalan yang ada di Desa Simorejo meliputi Jalan PUK Kecamatan, Jalan Poros Desa, dan Jalan Lingkungan.
    b.    Kondisi dan Fungsi Jalan
    Kondisi jalan yang ada sebagian besar, yaitu sekitar 90% telah terpasang paving dan dalam kondisi baik serta terawat. Sisanya masih berupa jalan macadam.
    c.    Keadaan Transportasi
    Sarana transportasi yang ada adalah kendaraan pribadi berupa mobil, sepeda motor, dan ojek.
    d.    Sarana Irigasi
    Sebagian besar sarana irigasi yang ada tidak dapat berfungsi dengan baik karena mengalami pendangkalan/sedimentasi dan tidak terawat. Keadaan ini seringkali mengakibatkan area persawahan kekurangan air pada saat musim kemarau dan banjir pada saat musim penghujan terutama di wilayah Desa Simorejo bagian utara.
    e.    Infrastruktur Pendukung Lain
    Infrastruktur pendukung lain meliputi fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, dan beberapa fasilitas lain dengan gambaran seperti berikut:
    ·         Fasilitas pendidikan
    Kegiatan Pendidikan yang ada di Desa Simorejo berkembang dengan pesat, baik pendidikan formal maupun informal. Lembaga pendidikan yang ada antara lain: 1 Pos PAUD, 1 Playgroup, 2 Sekolah Dasar/sederajat, 1 MTs, 1 MA, 5 TPQ, dan 3 Pondok Pesantren.
    Seluruh lembaga pendidikan yang ada telah memiliki gedung sendiri. Meskipun demikian, masih ada lembaga pendidikan yang memerlukan perbaikan dan ada pula yang memerlukan penambahan lokal karena sudah tidak mampu menampung jumlah murid/santri yang ada. Selain itu, fasilitas yang belum dimiliki antara lain Alat Peraga Edukatif (APE) untuk PAUD, sarana komputer, gedung perpustakaan, dan gedung laboratorium untuk SD/MI serta MTs.
    ·         Fasilitas kesehatan
    Di Desa Simorejo ada 1 POLINDES, 1 Bidan Desa, dan 4 Posyandu dengan 20 kader. Gedung Polindes yang ada dibangun pada tahun 2007 dan saat ini kondisinya mulai rapuh dan memerlukan perbaikan. Meskipun demikian, kegiatan pelayanan kesehatan tetap berjalan secara maksimal. Kendala yang masih ada adalah sarana transportasi berupa ambulan desa untuk merujuk warga yang sakit belum terfasilitasi.

    ·         Fasilitas Peribadatan
    Di Desa Simorejo terdapat 3 masjid dan 46 mushola. Bangunan masjid yang ada saat ini dalam kondisi rapuh dan memerlukan perbaikan di beberapa bagian.
    ·         Fasilitas Perumahan
    Di Desa Simorejo terdapat 783 rumah penduduk dengan rincian:
    Rumah berlantai tanah                                : 313 rumah
    Rumah berlantai tidak dari tanah              : 470 rumah
    Rumah berdinding bambu                          : 157 rumah      
    Rumah berdinding Kayu                             : 234 rumah
    Rumah berdinding tembok                         : 392 rumah
    Rumah punya jamban                                 : 626 rumah
    Rumah tidak punya jamban                        : 157 rumah
    Rumah punya SPAL                                    : 744 rumah
    Rumah tidak punya SPAL                          :   39 rumah
    Rumah punya tempat sampah                   : 626 rumah
    Rumah tidak punya tempat sampah         : 157 rumah
    ·         Fasilitas Perkantoran
    Fasilitas perkantoran yang ada berupa Kantor Kepala Desa yang berada di lokasi Balai Desa. Kondisi kantor tersebut cukup baik. Akan tetapi, gedung yang digunakan untuk kegiatan perangkat desa telah rapuh dan memerlukan kantor baru. Sarana penunjang kegiatan administrasi dan pelayanan masyarakat seperti komputer masih belum lengkap dibandingkan dengan jumlah perangkat desa yang ada sehingga perlu pengadaan baru. Selain itu, diperlukan jaringan internet dengan aplikasi pelayanan administrasi untuk mendukung kegiatan yang ada di desa, baik untuk pemerintahan maupun masyarakat.
    ·         Fasilitas MCK Umum
    Di Desa Simorejo belum terdapat fasilitas MCK Umum. Warga yang telah memiliki MCK sendiri baru mencapai 80%. Sisanya masih numpang atau belum memiliki sehingga masih dijumpai warga masyarakat yang buang air besar di saluran irigasi atau di sembarang tempat.
    ·         Fasilitas Perdagangan
    Untuk mendukung kegiatan perdagangan, Pemerintah Desa telah berupaya untuk menghidupkan kembali Pasar Desa yang ada. Pasar Desa tersebut terletak di Perempatan Dusun Patoman. Di dalamnya terdapat 20 kios dan 1 los, yang mana 15 kios yang ada setiap hari telah melakukan aktivitas perdagangan dan sisanya belum terpakai dikarenakan banyak orang/ pedagang masih ragu untuk berjualan. Oleh karena itu, diperlukan bantuan stimulan bagi para pedagang agar aktivitas perdagangan di pasar desa dapat berjalan dengan baik.

    0 komentar:

    Posting Komentar