Selasa, 25 Februari 2020

Tagged Under:

KERJA BAKTI; TRADISI YANG PERLU DIHIDUPKAN KEMBALI

By: Desa Simorejo On: 20.32
  • Berita Desa



  • Pengerukan Selokan Melalui Kegiatan Kerja Bakti

            Desa Simorejo merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Kanor. Desa Simorejo berada di belahan timur Kecamatan Kanor sehingga desa ini berbatasan langsung dengan kecamatan lain, tepatnya Kecamatan Baureno. Di bagian Timur Desa Simorejo berbatasan dengan Desa Sembunglor Kecamatan Baureno, sebelah selatan dengan Desa Bungur, sebelah Barat dengan Desa Sumberwangi, dan sebelah utara dengan Desa Temu yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Kanor.

          Desa Simorejo terbagi menjadi tiga dusun, yaitu Dusun Malebo, Simo, dan Patoman. Dari ketiga dusun tersebut Dusun Malebo yang memiliki wilayah paling luas sehingga terbagi menjadi tiga Rukun Warga (RW). Sementara Dusun Simo dan Patoman hanya terdiri atas satu Rukun Warga (RW). Wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang lumayan banyak, kadang menghadirkan nuansa tersendiri. Kadang berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari pun muncul.

           Masalah yang timbul di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat kadang segara memerlukan penanganan. Misalnya masalah air yang sering timbul pada musim penghujan. Pada musim penghujan ini bukan kekurangan air yang dihadapi, tetapi kelebihan air. Bisa jadi air hujan masuk ke permukiman karena saluran air yang perlu dibenahi. Masalah seperti ini sering timbul pada musim penghujan dan segera dicarikan solusi.

    Salah satu solusi yang ditawarkan adalah kerja bakti. Kegiatan kerja bakti mungkin sudah mulai terkikis oleh zaman sehingga perlu dihidupkan kembali. Di Desa Simorejo kerja bakti masih lumayan sering dilaksanakan terutama untuk membenahi fasilitas umum seperti selokan. Pada hari Rabu, tanggal 26 Februari 2020 kerja bakti dilaksanakan untuk membenahi selokan yang ada di perbatasan Dusun Simo dan Patoman. Oleh karena air mulai masuk ke beberapa rumah warga. Perbaikan atau pengerukan selokan perlu dilakukan agar permasalahan yang timbul bisa segera teratasi.

          Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan di balik kegiatan kerja bakti. Salah satunya pekerjaan cepat selesai. Oleh karena satu pekerjaan ditangani banyak orang. Pekerjaan yang cepat selesai tentu menghemat tenaga dan seseorang bisa segera mengerjakan pekerjaan lain. Kerja bakti mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan ini sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Kerukunan menciptakan kedamaian dan kenyamanan.

           Bayangkan jika kita tinggal di wilayah yang warganya tidak rukun. Tentu kita akan merasa terganggu dan merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan bisa menyebabkan emosi naik. Selain itu, ketidaknyamanan bisa menganggu kesehatan. Kok bisa? Orang yang tidak nyaman akan susah tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan terganggunya kesehatan. Ketidaknyamanan juga bisa menyebabkan menurunnya prestasi kerja. Oleh karena itu, rasa aman dan nyaman yang bersumber dari kerukunan sangat diperlukan dalam keseharian.

          Melalui kerja bakti pula antarwarga bisa mengetahui kabar warga lain. Oleh karena pada saat kerja bakti seseorang bisa bertemu banyak orang. Interaksi antarwarga ini bisa membuat mengetahui kabar warga yang lain. Bisa dikatakan bahwa kerja bakti bisa mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan. Oleh karena itu, mari hidupkan kembali tradisi kerja bakti agar banyak manfaat yang dapat dirasakan. (Nyu2n)

    1 komentar: