Kamis, 24 Agustus 2017

Tagged Under:

Sodor/Dagongan Ramaikan Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia Di Desa Simorejo Kecamatan Kanor

By: Desa Simorejo On: 20.47
  • Berita Desa


  •  
            Hadirnya bulan Agustus disambut meriah oleh warga Desa Simorejo Kecamatan Kanor. Berbagai perlombaan digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia. Salah satu lomba yang digelar oleh panitia peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia Desa Simorejo Kecamatan Kanor adalah lomba sodor atau dagongan.
     
    Bambu merupakan alat pada permainan sodor/dagongan. Pemain terdiri atas empat orang. Cara memainkan permainan ini adalah tim mendorong tim lawan. Inilah salah satu perbedaan permainan ini dibanding Tarik tambang. Perlombaan sodor atau dagongan yang digelar pertama kali pada tahun 2017 ini diikuti oleh 21 tim atau regu. Para peserta sangat antusias meskipun ada beberapa regu yang lupa jika harus mendorong bambu. Tawa penonton pun pecah saat ada tim atau regu yang justru menarik bambu.
    Inilah salah satu upaya generasi muda untuk melestarikan permainan sodor/dagongan. Salut dan terima kasih untuk panitia penyelenggara yang telah berupaya melestarikan permainan sodor atau dagongan. Semoga pada peringatan HUT Republik Indonesia pada tahun yang akan dating semakin banyak permainan tradisional yang coba dilestarikan. (Nyun)

    0 komentar:

    Posting Komentar