Kamis, 30 Januari 2020

Tagged Under:

Geliat Para Petani Menyambut Musim Penghujan

By: Desa Simorejo On: 19.36
  • Berita Desa







  •        Desa Simorejo merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Kanor. Desa Simorejo termasuk salah satu desa yang memiliki wilayah cukup luas. Wilayah yang lumayan luas tersebut terbagi menjadi tiga dusun, yaitu Dusun Malebo, Dusun Simo, dan Dusun Patoman. Sebagian besar penduduk Desa Simorejo bermatapencaharian sebagai petani. Area persawahan yang ada di Desa Simorejo merupakan sawah tadah hujan.

             Hujan yang turun dengan derasnya kemarin sore, Kamis, 30 Januari 2020 membawa kebahagiaan tersendiri bagi para petani di Desa Simorejo. Bagaimana tidak? Setelah kemarau yang sangat panjang dan tanaman tembakau telah mati, hujanlah yang ditunggu-tunggu oleh para petani agar segera dapat bercocok tanam. Memang hujan telah beberapa kali turun dan mengguyur wilayah Simorejo. Akan tetapi, belum semua lahan tersentuh air hujan sehingga sebagian petani belum bisa bercocok tanam.


            Pola tanam pada musim penghujan kali ini tidak bersamaan. Oleh karena ada sebagian lahan yang belum tersentuh air. Dengan demikian, ada lahan yang telah ditanami padi, ada lahan yang sedang diolah untuk ditanami, dan ada pula lahan yang sedang ditanami padi. Meskipun demikian, dalam jangka waktu seminggu ke depan diharapkan semua lahan telah tertanami padi. Besar harapan para petani di Desa Simorejo agar kelak panen bisa memuaskan. Selain itu, para petani berharap dan berdoa agar banjir tidak datang dan merusak harapan para petani. Perlu diketahui bahwa Desa Simorejo letaknya tidak jauh dari aliran Bengawan Solo sehingga ketika air bengawan meluap, Simorejo termasuk desa yang terkena dampaknya. 

          Teriring doa semoga panen mendatang membawa hasil memuaskan, geliat program kerja Pemerintah Desa Simorejo pada tahun 2020 ini pun mulai tampak. Dimulai dengan pemasangan pipa untuk meneruskan Program PAMSIMAS. Besar harapan kami panen para petani bisa melimpah dan program kerja yang direncanakan Pemerintah Desa Simorejo Kecamatan kanor bisa berjalan lancar. Mari bergandengan bersama dan kita wujudkan Simorejo Joss!! (Nyun)








    1 komentar: