Kamis, 24 Januari 2019

Tagged Under:

DESA SIMOREJO KECAMATAN KANOR TERIMA PROGRAM PAMSIMAS TAHUN 2019

By: Desa Simorejo On: 19.17
  • Berita Desa



  •                 Desa Simorejo merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Kanor. Desa yang sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Baureno ini memiliki wilayah cukup luas yang terdiri atas lahan persawahan, permukiman, dan tanah pekarangan. Lahan persawahan di Desa Simorejo termasuk tadah hujan. Jika musim kemarau seringkali terjadi kekeringan dan pada musim penghujan sering terdampak banjir.
    Pada saat musim kemarau tidak hanya area persawahan yang memerlukan air untuk tumbuh kembang tanaman. Penduduk Desa Simorejo Kecamatan Kanor pun merasakan dampak dari musim kemarau, salah satunya kekurangan air, baik untuk minum maupun keperluan lain. Penduduk Desa Simorejo berkeluh kesah dan berusaha mencari jalan keluar agar kebutuhan air dapat terpenuhi terutama pada musim kemarau.
    Pemerintah Desa Simorejo tidak hanya berpangku tangan melihat kenyataan tentang keperluan air bagi penduduk. Pemerintah Desa Simorejo berusaha mencari jalan keluar dari kesulitan yang didadapi warga. Salah satu upaya yang ditempuh oleh Pemdes Simorejo adalah mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui proposal. Upaya tersebut mendapat sambutan dan persetujuan dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.
    Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) merupakan salah satu jawaban atau solusi yang ditawarkan oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Desa Simorejo merupakan satu-satunya desa di Kecamatan kanor yang menerima program PAMSIMAS untuk Tahun 2019. Menindaklanjuti program tersebut pada hari ini Jumat, 25 Januari 2019 bertempat di pendopo Desa Simorejo diadakan kegiatan sosialisasi tingkat desa dan verifikasi proposal desa program PAMSIMAS Tahun 2019. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Simorejo, Perangkat Desa Simorejo, anggota Badan Permusyawaratan Rakyat (BPD), BABINSA, BABINKATIBMAS, LMPD, RT/RW, bidan desa, perwakilan warga, tokoh masyarakat, perwakilan SD/MI, dan tokoh pemuda. Acara sosialisasi yang berlangsung hangat ini dihadiri pula oleh Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan pendamping program PAMSIMAS. Undangan bisa bertanya secara langsung tentang program PAMSIMAS kepada para narasumber.
    Besar harapan kita semoga program PAMSIMAS yang diterima oleh Pemerintah Desa Simorejo ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan kekurangan air yang selama ini dirasakan oleh warga. Pada tahun-tahun mendatang semoga program ini bisa menjadi salah satu program unggulan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Nyun)

    0 komentar:

    Posting Komentar